top of page

Echocardiography

Apa itu Echocardiography?

Echocardiography (Echo) atau USG Jantung adalah tes tanpa rasa sakit yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar bergerak jantung kamu. Gambar-gambar menunjukkan ukuran dan bentuk hati kamu. Mereka juga menunjukkan seberapa baik ruang dan katup jantung kamu bekerja.


Echo juga dapat menunjukkan dengan tepat area otot jantung yang tidak bergerak dengan baik karena aliran darah yang buruk atau cedera akibat serangan jantung sebelumnya. Jenis Echo yang disebut USG Doppler menunjukkan seberapa baik darah mengalir melalui ruang dan katup jantung kamu.

Siapa yang membutuhkan pemeriksaan Echocardiography?

Dokter kamu dapat merekomendasikan Echocardiography (Echo) jika kamu  memiliki tanda atau gejala masalah jantung.


Misalnya, sesak napas dan bengkak di kaki adalah tanda-tanda gagal jantung. Gagal jantung adalah suatu kondisi di mana jantung kamu tidak dapat memompa cukup darah kaya oksigen untuk memenuhi kebutuhan tubuh kamu. Echo dapat menunjukkan seberapa baik jantung kamu memompa darah.


Echo juga dapat membantu dokter menemukan penyebab bunyi jantung yang tidak normal, seperti murmur jantung. Murmur jantung adalah bunyi ekstra atau tidak biasa yang terdengar selama detak jantung. Beberapa murmur jantung tidak berbahaya, sementara yang lain adalah tanda-tanda masalah jantung.

Pemeriksaan Echocardiography dapat mengetahui :

  • Diagnosis masalah jantung

  • Langkah selanjutnya untuk perawatan

  • Evaluasi pengobatan

  • Menentukan kebutuhan untuk tes lebih lanjut

Apa yang dilakukan sebelum pemeriksaan Echo?

Echocardiography (Echo) tidak memerlukan persiapan khusus. Kamu biasanya dapat makan, minum, dan minum obat apa pun seperti biasanya.


Pengecualiannya adalah jika kamu mengalami Echo Transesophageal. Tes ini biasanya mengharuskan kamu untuk tidak makan atau minum selama 8 jam sebelum test.

Apa yang dilakukan selama pemeriksaan Echo?

Echocardiography (Echo) tidak menimbulkan rasa sakit, tes biasanya memakan waktu kurang lebih 15 menit.


Untuk sebagian besar jenis Echo, kamu akan melepas pakaian atas. Untuk wanita akan diberikan selimut selama pemeriksaan. Kamu akan berbaring miring ke kiri. Dokter akan mengoleskan gel dan menempelakan probe ke dada kamu. Gel membantu gelombang suara mencapai jantung kamu. Dokter akan merekam gambar berbagai bagian jantung kamu.


Selama pemeriksaan, kamu mungkin diminta untuk mengubah posisi atau menahan napas untuk waktu yang singkat. Ini memungkinkan dokter mendapatkan gambar jantung yang lebih baik.


Kadang-kadang, dokter mungkin memberikan sedikit tekanan pada dada kamu dengan probe. Kamu mungkin menemukan tekanan ini sedikit tidak nyaman, tetapi membantu mendapatkan gambaran terbaik dari jantung kamu. Kamu harus memberi tahu dokter  jika kamu merasa terlalu tidak nyaman.


Proses yang dijelaskan di atas mirip dengan proses untuk Echo janin. Namun, untuk pemeriksaan itu, transduser diletakkan di atas perut wanita hamil di lokasi jantung bayi.

Risiko

Echocardiography (Echo) pada umumnya tidak memiliki efek samping / risiko.

bottom of page